Laman

Daily Bread 6-10 Januari 2011

#6 Daily Bread

"It doesn't matter if I don't succeed in something, what matters is that I learn
from my mistakes." - Linda Evans

Tidaklah soal apabila saya tidak berhasil pada satu hal, yang penting adalah saya belajar dari kesalahan saya.

Friends, tidak ada satu orang-pun yang meraih sukses tanpa pernah gagal sekalipun. Pengusaha sekaliber Hartono Brother's dari Djarum, Eka Tjipta, dll
juga tidak langsung bisa raih kesuksesan. Bahkan bisa dikatakan bahwa kesuksesan mereka adalah akumulasi dari kegagalan. Oleh karena mengalami kegagalan, maka bisa tahu kesalahan yang dilakukan. Sesudah tahu kesalahan, memperbaikinya kembali. Kalaupun gagal lagi, maka akan diperbaiki kembali sampai akhirnya berhasil. Setahap-demi setahap akhirnya mencapai kesuksesan.

Dengan kata lain, maju terus pantang mundur. Belajar dari kegagalan untuk meraih kesuksesan.

#7 Daily Bread

"Your attitude is more important that your aptitude." - Zig Ziglar

Sikap kita adalah jauh lebih penting daripada kecakapan yang kita miliki.

Kita semua tahu tentang IQ, dan juga banyak yang memahami tentang EQ. Saat ini, bahkan si EQ berkembang menjadi ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Perkembangan dari IQ, sampai ESQ menunjukkan bahwa kita tidak dituntut untuk pinter thok, melainkan juga dituntut untuk secara emosional dan spiritual baik. Kalau si badu punya IQ tinggi tapi EQ(ESQ)nya jeblok, menurut teorinya sich dia akan sulit mencapai karir tinggi, sebabnya meski si badu pinter tapi dia ngga bisa menahan
dirinya, tidak pernah mau menerima pendapat orang lain, selalu ribut dengan atasannya krn dia pikir pendapat atasannya salah, dll.

Pengalaman saya di kantor juga menunjukkan bahwa lebih baik punya staff yang IQ-nya normal (bukan genius) tetapi ESQ-nya di atas rata-rata. Mereka yang ESQ-nya di atas rata-rata ini sudah terbukti sebagai team yang bisa saya andalkan untuk mencapai target.

#8 Daily Bread

"Spend some time this weekend on home improvement; improve your attitude toward your family." Harold Ramis

Gunakan waktu lebih di akhir minggu ini untuk peningkatan di rumah yaitu meningkatkan attitude kita terhadap keluarga.

Senin sampai Jumat kita sudah bekerja, dan waktu kita selama senin sampai jumat adalah utk kantor dan pekerjaan kita. Beberapa di antara kita bahkan sedemikian sibuknya sehingga tidak ada lagi waktu untuk hang out dengan keluarga.

Keluarga adalah sumber inspirasi terbesar kita, tapi seringkali terkalahkan oleh pekerjaan kita. Weekend adalah saat yang tepat utk digunakan utk habiskan waktu bersama keluarga. Berkumpul dg ayah, ibu, istri, anak. Semuanya akan menambah energi positif yang akan datangkan kesuksesan. Happy Weekend.

 #9 Daily Bread

Sunday clears away the rust of the whole week.  ~Joseph Addison

Hari minggu menghilangkan semua karat di sepanjang minggu.

Hari minggu adalah saat bersantai, Saat berkumpul dengan keluarga,
Saat untuk salurkan hobby, Saat untuk kontemplasi,
Saat untuk persiapkan langkah di minggu selanjutnya,
Saat untuk shooping, Saat untuk bangun siang,
Saat untuk tidur seharian, Ada yang lain ?

#10 Daily Bread  

"Tell everyone what you want to do and someone will want to help you do it." - W. Clement Stone

Ceritakanlah yang akan anda lakukan ke banyak orang dan seseorang akan dapat membantu anda melakukannya.

Saya termasuk orang yang tidak bisa sendiri untuk melaksanakan rencana yang saya buat, dan perlu orang lain pula untuk ikut membantu menyelesaikannya. Waktu itu, tahun 2003, di tengah situasi sulit dan usaha untuk bangkit dari keterpurukan, saya "menjajakan" rencana usaha di bidang produksi dan perdagangan CPO ke beberapa teman dekat. Saya sudah mempunyai pembelinya, dan yang saya perlukan adalah pihak yang bisa support saya dari segi legalitas usaha dan tentunya finansial. Beberapa teman menolak, dan beberapa teman memperkenalkan saya kepada orang lain yang memang mempunyai kapabilitas untuk mewujudkan rencana saya, dan kalau dihitung sudah banyak orang saya temui dan membaca proposal saya. Sampai suatu hari, saya berjumpa dengan seseorang sewaktu saya antre di customer service sebuah Bank. Dari sekedar berkenalan dan tukar kartu nama, dilanjutkan
dengan ajakan makan siang, saya diundang ke kantornya untuk jelaskan detil rencana kerja saya, dan akhirnya saya mendapatkan dukungan darinya untuk mewujudkan rencana tsb.

Friends, dari yang saya alami, saya merasakan pentingnya networking. Networking bisa mendukung kita untuk wujudkan rencana yang sudah kita susun, dan sebuah rencana akan berjalan dengan lebih baik apabila dilaksanakan oleh beberapa orang. Prinsip saya : lebih baik ada 3 orang berpikir daripada 1 orang saja yang berpikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar